Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Dengan Pendidikan Baris Berbaris (PBB)

Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Dengan Pendidikan Baris Berbaris (PBB)
Loading...

Dalam rangka mewujudkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) terhadap siswa tingkat dasar SD di Kabupaten Wonogiri Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan lomba baris berbaris (PBB). Agar proses pendidikan di sekolah dapat berlangsung sesuai dengan tugas dan tujuan pendidikan maka perlu diciptakan suatu ketahanan di sekolah. Acara ini digelar di Gor Giri Mandala Wonogiri, 9 Oktober 2018. Kegiatan tersebut berlangsung 1 hari tanggal 9 Oktober 2018. Sebanyak 25 tim SD Kecamatan Se-Kabupaten Wonogiri.

Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Batuwarno, Sunardi,S.Pd., M.Pd.  menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan untuk meningkatkan kedisiplinan, kesehatan jasmani dan rohani dikalangan peserta didik SD menumbuh dan mengembangkan sikap budi pekerti yang luhur, rasa cinta tanah air dan mempertebal semangat persatuan dan kesatuan. Kriteria penilaian bagi peserta lomba meliputi kekompakkan, keseragaman dan keserasian.

Peserta lomba PBB dari Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Batuwarno mengirimkan 1 tim, dengan 4 pelatih yaitu, Hardilan,S.Pd kepala sekolah SDN 1 Selopuro, Gunawan,S.Pd kepala sekolah SDN 2 Selopuro, Suparto,S.Pd kepala sekolah SDN 3 Tegiri, dan Sukatno,S.Pd kepala sekolah SDN 2 Batuwarno. Tim yang diterjunkan dari Sekolah Dasar yang berjumlah 31 peserta  terdiri dari 4 Sekolah Dasar yaitu :

SDN 3 Tegiri

  1. Dhabitah Herla Caesa
  2. Daffa Fatin Yumna
  3. Daffa Khoirul Anam
  4. Cindy Azahra Fitri
  5. Evelyn Griselda Putri
  6. Indah Nur Handayani
  7. Nela Verdiana
  8. Saeful Asroni
  9. Muhammad Fajar
  10. Meisya Brilliana Arsyanda
  11. Muhammad Fajri Setya Riviansyah
  12. Dani Ardianayah

SDN 1 Batuwarno :

  1. Fadhila Putri Allaya
  2. Sheliana Azalea Aureza
  3. Chelsa Fieda Ardhiane
  4. Tiara Nurvitasari
  5. Indah Dewi Putri Ayu
  6. Farel Athiya Ramadhan
  7. Ayrin Winda Septiani
  8. Agung Saputra
  9. Keane Obama Pradeta
  10. Salsabila Azka Nuraeni
  11. Syahfa Fresty Salsabila

SDN 1 Sumberejo:

  1. Agifta Cahya Putra
  2. Ahmad Rifki Rosyidi
  3. Alfata Cheisa Puspitasari
  4. Arwinnanda Reza Cahyaningrum
  5. Auralia Sautana Putri
  6. Citra Putri Vidyaningsih
  7. Fransiska Emilia Septianingsih
  8. Geofanny
  9. Zahir Putra Arianto

SDN 2 Batuwarno:

  1. Desy Rahmawati
  2. Vira Ayu Nugraheni
  3. Oktavia Restu Pratiwi

Kegiatan PBB tersebut mendatangkan pelatih dari Koramil yaitu, Peltu Dedy Kurniawan dan Kopka Eko Agus Abrianto. Serta Pelatih dari Polres yaitu, Aiptu Mudjiono dan Bripka Margono. Lomba PBB ini dipandegani oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Kodim dan Polres. Kegiatan ini diharap bisa memberi kegiatan yang positif bagi peserta didik sebagai bentuk perwujudan pendidikan bela negara dalam bentuk lomba Penguatan Pendididkan Karakter (PPK) melalui Peraturan Baris Berbaris ( PBB ) agar meningkatkan kualitas serta kuantitas di sekolah-sekolah. (Rita/Red)

banner 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *